Mahasiswa Kuliah Lapangan dan Aksi di Gedung DPRD Jambi

- 11 Juni 2024, 21:05 WIB
Mahasiswi Universitas Jambi ikut aksi penolakan RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Provinsi Jambi
Mahasiswi Universitas Jambi ikut aksi penolakan RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Provinsi Jambi /Jambian.id pikiran rakyat /

JAMBIAN.ID -- Para mahasiswa Jurnalistik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, melakukan kuliah lapangan meliput aksi unjuk rasa penolakan UU Penyiaran bersama dosen praktisi dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Selain kuliah lapangan, mereka juga berpartisipasi dalam aksi bersama Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota, Senin (27/5/24).

Lisa, salah satu mahasiswi, mengatakan bahwa praktik meliput berita yang ditugaskan adalah pengalaman pertama turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan foto berita. Ia meliput sekaligus ikut serta dalam aksi penolakan RUU yang mengancam kebebasan pers.

Selain itu, banyak jurnalis menolak untuk Rancangan undangan undangan (RUU) Penyiaran ke kantor DPRD Provinsi Jambi. Kemudian bendera organisasi pers berkibar di depan Kantor tersebut.

Baca Juga: Memasak Sehat dengan Peralatan Tepat: Panduan Memilih Alat Masak yang Aman

Masa aksi langsung menyampaikan keluh kesah tentang Rancangan undangan undangan penyiaran tersebut.

Diketahui, masa aksi dari pers tidak dapat bertemu dengan pimpinan DPRD Provinsi Jambi bahkan anggota lain pun tidak ada disana.'Dengan alasan dinas luar semua anggota dewan'.

“Awalnya kaget lihat dan ikut jurnalis lakukan aksi penolakan UU Penyiaran karena ini kali pertamanya ikutan aksi demo, tapi juga seneng dari kuliah lapangan bisa ada pengalaman belajar liputan berita,”katanya, Selasa (11 Juni 2024).

Baca Juga: Beralih dari Nasi Putih ke Kentang: Menu Sehat Kaya Manfaat

Mahasiswa melakukan liputan dengan cara mengambil foto aksi unjuk rasa, dilanjutkan dengan observasi, hingga verifikasi. Setelah itu, mahasiswa membuat keterangan yang memenuhi 5W+1H sesuai dengan foto yang telah diambil dan dipilih menjadi sebuah berita.

Halaman:

Editor: Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah